Pendidikan.... Suatu proses untuk mencari arah hidup...

Minggu, 29 Januari 2012

Kuliah ke 3 Belajar dan Pembelajaran

Ini adalah tulisan dari apa yang telah saya dengar dari dosen saya
20-09-2011

Kuliah pertemuan ke 3
Belajar dan Pembelajaran di kelas PLB
Dosen : Sulton

SISTEM

Sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang saling berkaitan menuju tercapainya tujuan yang jelas batasannya. Mempunyai tujuan karena jika tidak memiliki batas tertentu maka tidak akan mengetahui apakah tujuan tersebut sudah tercapai atau belum. Sistem terdiri dari komponen-komponen yang saling berhubungan, tiap-tiap komponen tersebut memiliki fungsi-fungsi masing-masing.

Komponen-komponen pembelajaran:
  1. Tujuan yang ingin dicapai. Setiap melakukan sesuatu pasti mempunyai tujuan, begitu pula dengan pembelajaran.
  2. Pembelajar yaitu orang yang memberikan pelajaran, meliputi: guru, dosen, instruktur.
  3. Pebelajar yaitu orang yang bertugas belajar, meliputi: siswa, murid, mahasiswa.
  4. Materi yaitu bahan yang akan diajarkan.
  5. Sarana yaitu meliputi media untuk membantu memahami materi yang akan diberikan
  6. Evaluasi yaitu penilaian untuk mengetahui tingkat seberapa paham pebelajar untuk dapat menerima materi yang diberikan
  7. Strategi 
Sistem akan berjalan dengan baik jika fungsi tiap-tiap komponen dipenuhi, jika ada salah satu terganggu, maka yang lain akan terganggu. Sistem sudah berjalan dengan baik, cirinya adalah tujuan yang ada telah tercapai.

Tujuan Sistem Intruksional 
- Umum
- Nasional Pendidikan (di UUD, GBHN, UU Sistem Pendidikan 2003)
- Institusional, yaitu tujuan dari tiap-tiap lembaga pendidikan
- Kurikuler, yaitu tujuan pada tiap-tiap bidang study/kurikulum
- Instruksional, yaitu tujuan pembelajaran/teaching yang dicapai pada proses pembelajaran

Pembelajaran sebagai suatu sistem ditandai dengan keberadaan:
=> Tujuan sistem -> hal yang menimbulkan belajar
=> Komponen sistem 
=> Komponen berinteraksi  untuk mencapai tujuan pembelajaran
=> Pandangan sistem pembelajaran memandang bahwa persiapan, pelaksanaan, penilaian, dan perbaikan sebagai proses terpadu




Tidak ada komentar: