Pendidikan.... Suatu proses untuk mencari arah hidup...

Minggu, 07 Oktober 2012

BAB II Latihan


Latihan BAB II Konsep Dasar Kurikulum halaman 21-22
Efendi, Mohammad. 2009.Kurikulum dan Pembelajaran: Pengantar kearah Pemahaman KBK, KTSP, dan SBI. Malang: FIP UM.

  1. Kurikulum menurut saya adalah pengalaman belajar anak, baik secara langsung maupun tidak langsung yang dibimbing oleh guru dan direncanakan serta diarahkan oleh sekolah yang di dalamnya terdiri atas unsur-unsur dan unit-unit untuk mencapai tujuan belajar.
  2. Karakteristik kurikulum pendidikan pada zaman kuno, antara lain:
    • Kurikulum tidak ditulis karena kondisi masyarakat masih primitif dan masyarakat belum mengenal tulisan sehingga masih menggunakan lisan untuk menstransformasikan pengetahuan.
    • Tujuan pendidikan masih sederhana dan terbatas, seluruh aspek pendidikan masih semata hanya untuk mencari nafkah.
    • Pada mata pelajaran:
      • Ilmu hitung hanya mengenal angka dan penjumlahan.
      • Ilmu sains hanya terbatas pada kenyataan-kenyataan alam.
      • Ilmu sosial hanya terbatas pada tradisi-tradisi dan bentuk sosial yang sederhana.
      • Pendidikan jasmani,keindahan, religius, sudah dikenal baik dan menjadi bagian kehidupan saat itu.
  3. Karakteristik kurikulum pendidikan pada zaman Yunani dan Romawi:
    • Persamaan:
      • Karakteristik pendidikan memilihi arah yang jelas fokus keahlian atau materi yang dikembangkan dan sudah dideskripsikan dengan sistematis.
      • Konsep pendidikan yang sistematis dalam mengembangkan tatabahasa bertujuan untuk menciptakan serta membentuk keadilan sosial dalam bermasyarakat.
    • Perbedaan: 
      • Pada pengembangan kurikulum:
        • Yunani: 
          1. Sekolah menitikberatkan pada pendidikan keahlian bicara/berpidato dan berdebat
          2. Sekolah menitikberatkan pada pendidikan intelektual serta bidang filsafat.
        • Romawi:
          1. Kurikulum menitikberatkan bahasa
          2. Dianjurkan ada korelasi antara sejara, biografi, religi, dengan pelajaran-pelajaran kuno
          3. Pendidikan hendaknya direncanakan sesuai individu
      • Pada tujuan pendidikannya:
        • Yunani:
          1. Menempatkan manusia sesuai dengan bidang dan keahliannya
        • Romawi:
          1. Membuat ahli-ahli pidato dengan metode yang digunakan luas, sehingga tidak hanya sebagai orator saja tapi sebagai warga negara yang baik
  4. Karakterstik kurikulum pendidikan pada zaman pertengahan dan modern:
    • Persamaan: 
      1. Karakteristik pendidikan dan strategi pembelajaran sudah sistematis 
      2. Adanya jenjang kelas atau kelompok jenjang
    • Perbedaan:
      1. Pada pengembangan kurikulum:
        • Zaman Pertengahan:
          1. Kurikulum yang dikembangkan bermaksud untuk membentuk pemimpin gereja 
          2. Kurikulum untuk membentuk para kader, sedangkan pelajaran dari gereja sebagai pengabdian dan pelayanan dari gereja
        • Zaman modern:
          1. Ada hubungan sekolah menengah dengan perguruan tinggi sebagai sekolah lanjutan siswa
      2. Pada ciri khas variabel pendidikan:
        • Zaman pertengahan:
          1. Semua sekolah untuk kepentingan gereja
          2. Kehidupan sehari-hari kurang diperhatikan
          3. Bahan pelajaran yaitu pengetahuan Yunani dan Romawi
          4. Metode pelajaran bersifat formalitas
        • Zaman Modern: 
          1. Mementingkan bentuk kelakuan yang baik
          2. Mengajarkan bahasa latin dan yunani
          3. Kurikulum mencantumkan program pendidikan olahraga sebagai permainan, sebab olahraga dan permainan melancarkan pembentukan jasmani dan pendidikan sosial.
  5. Pengertian kurikulum berorientasi pada tujuan, proses dan kompetensi
    • Kurikulum berorientasi pada tujuan: yaitu kurikulum 1975 yang menekankan pada tujuan, agar pendidikan lebih efisien dan efektif. Orientasi tujuan lebih mementingkan produk atau hasil belajar siswa
    • Kurikulum berorientasi pada proses: yaitu kurikulum 1984 yang berorientasi pada proses, mengusung pendekatan ketrampilan proses, tetapi faktor tujuan tetap penting.
    • Kurikulum berorientasi pada kompetensi: yaitu kurikulum yang setiap pelajaran diurai berdasarkan kompetensi yang harus dicapai siswa. Orientasinya pada kompetensi yaitu konsep kurikulum yanng menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan (kompetensi) didik
  6. Fungsi kurikulum yaitu:
    • Fungsi penyesuaian: yaitu menyiapkan individu untuk mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya terutama masyarakat karena individu diharuskan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan secara menyeluruh
    • Fungsi pengintegrasian: yaitu mempersiapkan pengalaman belajar siswa agar dapat erintegrasi dengan norma-norma yang ada.
    • Fungsi differernsiasi: yaitu mampu melayani pengembangan potensi siswa yang akan hidup dan terjun dalam masyarakat
    • Fungsi persiapan: yaitu mempersiapkan siswa agar dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.
    • Fungsi pemilihan: yaitu mempersipakan proogram yang mampu mengembangkan bakat masing-masing siswa.
    • Fungsi diagnostik: yaitu mempersiapkan siswa agar mampi memahami, mnegarahkan, dan menyesuaikan dirinya dengan lingkungan, baik lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat.
  7. Perbedaan curriculum construction dan curriculum development:
    • Curriculum construction, yaitu berhubungan dengan proses pembuatan keputusan mengenai sifat dan kompesisi komponen kurikulum yang meliputi tujuan pendidikan, komponen proses, komponen isi atau materi, dan kkomponen evaluasi.
    • Curriculum development, yaitu berhubungan dengan proses keadaan atau kegiatan atau implementasi kurikulum yang terpusat pada personal yang akan berperan/pelaksana, pengelolaan pendidikan dan prosedur kurikulum yang dikembangkan.

Tidak ada komentar: