Latihan BAB II Konsep Dasar Kurikulum halaman 21-22
Efendi, Mohammad. 2009.Kurikulum dan Pembelajaran: Pengantar kearah Pemahaman KBK, KTSP, dan SBI. Malang: FIP UM.
- Kurikulum menurut saya adalah pengalaman belajar anak, baik secara langsung maupun tidak langsung yang dibimbing oleh guru dan direncanakan serta diarahkan oleh sekolah yang di dalamnya terdiri atas unsur-unsur dan unit-unit untuk mencapai tujuan belajar.
- Karakteristik kurikulum pendidikan pada zaman kuno, antara lain:
- Kurikulum tidak ditulis karena kondisi masyarakat masih primitif dan masyarakat belum mengenal tulisan sehingga masih menggunakan lisan untuk menstransformasikan pengetahuan.
- Tujuan pendidikan masih sederhana dan terbatas, seluruh aspek pendidikan masih semata hanya untuk mencari nafkah.
- Pada mata pelajaran:
- Ilmu hitung hanya mengenal angka dan penjumlahan.
- Ilmu sains hanya terbatas pada kenyataan-kenyataan alam.
- Ilmu sosial hanya terbatas pada tradisi-tradisi dan bentuk sosial yang sederhana.
- Pendidikan jasmani,keindahan, religius, sudah dikenal baik dan menjadi bagian kehidupan saat itu.
- Karakteristik kurikulum pendidikan pada zaman Yunani dan Romawi:
- Persamaan:
- Karakteristik pendidikan memilihi arah yang jelas fokus keahlian atau materi yang dikembangkan dan sudah dideskripsikan dengan sistematis.
- Konsep pendidikan yang sistematis dalam mengembangkan tatabahasa bertujuan untuk menciptakan serta membentuk keadilan sosial dalam bermasyarakat.
- Perbedaan:
- Pada pengembangan kurikulum:
- Yunani:
- Sekolah menitikberatkan pada pendidikan keahlian bicara/berpidato dan berdebat
- Sekolah menitikberatkan pada pendidikan intelektual serta bidang filsafat.
- Romawi:
- Kurikulum menitikberatkan bahasa
- Dianjurkan ada korelasi antara sejara, biografi, religi, dengan pelajaran-pelajaran kuno
- Pendidikan hendaknya direncanakan sesuai individu
- Pada tujuan pendidikannya:
- Karakterstik kurikulum pendidikan pada zaman pertengahan dan modern:
- Persamaan:
- Karakteristik pendidikan dan strategi pembelajaran sudah sistematis
- Adanya jenjang kelas atau kelompok jenjang
- Perbedaan:
- Pada pengembangan kurikulum:
- Zaman Pertengahan:
- Kurikulum yang dikembangkan bermaksud untuk membentuk pemimpin gereja
- Kurikulum untuk membentuk para kader, sedangkan pelajaran dari gereja sebagai pengabdian dan pelayanan dari gereja
- Zaman modern:
- Ada hubungan sekolah menengah dengan perguruan tinggi sebagai sekolah lanjutan siswa
- Pada ciri khas variabel pendidikan:
- Zaman pertengahan:
- Semua sekolah untuk kepentingan gereja
- Kehidupan sehari-hari kurang diperhatikan
- Bahan pelajaran yaitu pengetahuan Yunani dan Romawi
- Metode pelajaran bersifat formalitas
- Zaman Modern:
- Mementingkan bentuk kelakuan yang baik
- Mengajarkan bahasa latin dan yunani
- Kurikulum mencantumkan program pendidikan olahraga sebagai permainan, sebab olahraga dan permainan melancarkan pembentukan jasmani dan pendidikan sosial.
- Pengertian kurikulum berorientasi pada tujuan, proses dan kompetensi
- Kurikulum berorientasi pada tujuan: yaitu kurikulum 1975 yang menekankan pada tujuan, agar pendidikan lebih efisien dan efektif. Orientasi tujuan lebih mementingkan produk atau hasil belajar siswa
- Kurikulum berorientasi pada proses: yaitu kurikulum 1984 yang berorientasi pada proses, mengusung pendekatan ketrampilan proses, tetapi faktor tujuan tetap penting.
- Kurikulum berorientasi pada kompetensi: yaitu kurikulum yang setiap pelajaran diurai berdasarkan kompetensi yang harus dicapai siswa. Orientasinya pada kompetensi yaitu konsep kurikulum yanng menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan (kompetensi) didik
- Fungsi kurikulum yaitu:
- Fungsi penyesuaian: yaitu menyiapkan individu untuk mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya terutama masyarakat karena individu diharuskan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan secara menyeluruh
- Fungsi pengintegrasian: yaitu mempersiapkan pengalaman belajar siswa agar dapat erintegrasi dengan norma-norma yang ada.
- Fungsi differernsiasi: yaitu mampu melayani pengembangan potensi siswa yang akan hidup dan terjun dalam masyarakat
- Fungsi persiapan: yaitu mempersiapkan siswa agar dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.
- Fungsi pemilihan: yaitu mempersipakan proogram yang mampu mengembangkan bakat masing-masing siswa.
- Fungsi diagnostik: yaitu mempersiapkan siswa agar mampi memahami, mnegarahkan, dan menyesuaikan dirinya dengan lingkungan, baik lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat.
- Perbedaan curriculum construction dan curriculum development:
- Curriculum construction, yaitu berhubungan dengan proses pembuatan keputusan mengenai sifat dan kompesisi komponen kurikulum yang meliputi tujuan pendidikan, komponen proses, komponen isi atau materi, dan kkomponen evaluasi.
- Curriculum development, yaitu berhubungan dengan proses keadaan atau kegiatan atau implementasi kurikulum yang terpusat pada personal yang akan berperan/pelaksana, pengelolaan pendidikan dan prosedur kurikulum yang dikembangkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar